Nataslabar.com – OSIS SMPN 1 Satarmese  kembali menggelar Latihahan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), pada tanggal 11-12/11/2022.

Kegiatan LDKS ini mengusung tema “Menyiapkan Generasi Pemimpin Yang Beriman, Taqwa, Berakhlak Mulia, Berkualitas, Berkarakter, dan Berdedikasi Tinggi” yang dikuti oleh 50 personil OSIS periode 2022/2023.

Hadir sebagai salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut, Camat Satarmese Damianus Arjo, SSTP membawakan materi “Manajemen Kepemiminan”. Dalam pemaparan materinya di hadapan peserta yang berjumlah 50 orang, Arjo memotivasi peserta didik untuk terus giat belajar dan senantiasa sejak dini untuk mencari tahu tentang sekolah-sekolah ikatan kedinasan agar kelak peserta didik di lembaga SMPN 1 Satarmese dapat mengikuti jejaknya.

Alumnus SMPN 1 Satarmese tahun 2000 ini dalam materinya mencoba menekankan falsafah orang Manggarai dalam memimpin. Yaitu toing (mengajarkan), titong (membimbing) dan toming (memberikan contoh). Ia berpesan kepada pengurus OSIS yang sudah terpilih untuk menjadi pioner dalam menjalankan program-program yang telah disusun dan disepakati bersama.

Selain itu ditemui diakhir kegiatan, Damian memberikan apresiasi kepada lembaga SMPN 1 Satarmese yang konsisten melaksanakan kegiatan semacam ini.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada kepala sekolah, para guru dan siswa yang dari sejak dini melatih anak-anak untuk bisa menjadi pemimpin dan saya mengapresiasi atas kegiatan hari ini,” Ujar Damian.

Ia juga berharap agar kegiatan LDKS ini senantiasa konsisten dilaksanakan sehingga anak-anak memahami dasar kepemimpinan.

“Harapan saya kegiatan semacam ini terus dilakukan, karena setiap tahun pasti ada rotasi siswa, sehingga kegiatannya kalau bisa konsisten dilaksanakan setiap tahun, sehingga setiap anak diberikan dasar tentang kepemimpinan,” Jelasnya.

Diakhir wawancara Arjo juga menyampaikan perasaan senangnya telah hadir di lembaga pendidikan tempat belajarnya dulu dan berbagi ilmunya dengan peserta didik.

“Tentunya saya bangga dan senang karena yang pertama saya hadir di almamater saya sendiri, yang kedua karena interaksi saya dengan peserta didik cukup bagus dan anak-anak peserta LKDS cukup memahami materi yang saya berikan,” Tutupnya.

Menumbuhkan Kepemimpinan Murid; OSIS SMPN 1 Satarmese Kembali Melaksanakan Latihan Kepemimpinan Dasar Siswa
Pemateri sedang menjelaskan bahannya, Foto: Dok Tim Jurnaslistik SMPN 1 Satarmese

Baca juga:PGRI Cabang Satarmese Menyelenggarakan Bimtek Pendidikan Inklusif

Sementara itu Kepala SMPN 1 Satar Mese, Kornelis Sehadun, S.Ag dalam sambutannya menyampaikan poin-poin penting tentang terlaksananya kegiatan tersebut;

Sehadun menyampaikan terima kasih kepada pembina OSIS dan panitia karena sudah merancang kegiatan LDKS karena sudah merancang dan melaksanakan kegiatan ini dengan baik. Teristimewa karena sudah memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menghandle seluruh rangkaian kegiatan ini dengan baik. LDKS ini sudah berhasil memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjadi pembawa acara, moderator, notulis, dan memimpin rapat dll.

Ia pun berharap OSIS menjadi wadah bagi peserta didik untuk berlatih mengembangkan diri bagaimana hidup berorganisasi. Hal penting lainnya yang Ia tegaskan adalah OSIS harus menjadi sarana bagi seluruh peserta didik untuk memberikan usul saran terkait program-program sekolah ke depan. Maka untuk itu pesan saya hendaknya seluruh perangkat OSIS harus dapat menjadi panutan bagi yang lain untuk menjadi peserta didik yang mencerminkan kepribadian yang baik dan berkarakter pancasila, Imbuhnya.

Hal yang senada juga disampaikan oleh pembina OSIS, Basilius Sehudi, S.Pd.,Gr dalam sambutan penutupnya menyampaikan terima kasih kepada pimpinan lembaga SMPN 1 Satarmese yang telah memberikan ruang yang luas untuk boleh merancang kegiatan LDKS dan memfasilitasi panitia dalam segala hal demi kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut.

Kepada para pemateri baik yang dari luar, maupun pemateri di dalam sekolah, rekan-rekan guru dan pegawai serta peserta didik dan para orang tua yang telah mengizinkan anak-anak mereka hadir secara penuh mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir.

Harapannya semoga pengurus OSIS bisa menghargai kepercayaan yang telah diberikan oleh teman-teman. Dan jadikan OSIS ini sebagai rumah bagi peserta didik untuk boleh menunjukan bakat dan kemampuan demi tercapainya tujuan pendidikan yang berciri profil pelajar Pancasila.

Adapun yang menjadi pemateri dalam kegiatan LDKS ini adalah sebagai berikut;

  1. Camat Satarmese dengan materi “Manajemen Kepemimpinan”
  2. Kepala SMPN 1 Satarmese dengan materi “ Motivasi Berorganisasi”
  3. Maksimus Edon, S.Pd.,Gr dengan materi “How Am I
  4. Kasianus Katus, S.Pd dengan materi “Teknik Memimpin Rapat”
  5. Yohanes Satem, S.Pd dengan materi “Jurnalistik”*
  6. Basilius Sehudi, S.Pd dengan materi “Teknik Lobi dan Public Speaking

Kontributor: Tim Jurnalistik SMPN 1 Satarmese, Manggarai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here