Nataslabar.com– Memperingati Hari Guru Nasional ke-27 dan Hari PGRI Ke-76 SMPN 1 Satarmese gelar upacara bendera pada Selasa, 25 November 2021.

Upacara tersebut berlangsung di lapangan SMPN 1 Satarmese. Dalam upacara kali ini ada warna yang berbeda dari HUT guru sebelumnya.

Hal berbeda itu tampak dalam suasana upacara, yang semua petugasnya diambil alih oleh guru-guru. Menurut ketua panita pelaksana Maksimus Edon, S.Pd, Gr hal tersebut dilakukan untuk memberikan contoh kepada peserta didik.

“Memperingati Hari Guru Nasional tahun 2021, kita mencoba menggagas konsep baru yakni para guru dan pegawai menjadi perangkat upacara, hal ini kita lakukan dengan tujuan memberikan petunjuk dan melatih para peserta didik tentang upacara bendera yang baik” jelas Maksimus.

Sementara itu, kepala SMPN 1 Satarmese, Aleksius S. Ombol, S.Pd dalam sambutannya mengajak seluruh pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik untuk menjadikan HGN dan PGRI sebagai momentum untuk merefleksikan diri tentang apa tujuan kita memilih menjadi guru dan mengapa kita berada di lembaga ini.

Kepsek
Kepala Sekolah SMPN 1  Satarmese Bapak Aleksius S. Ombol, S.Pd pada saat menyampaikan sambutannya. (Foto: Dokumen Maksimus Edon)

Baca juga:Peringati Hari Guru; MAN Sambi Rampas Olah Sampah Kertas Jadi Karya Seni

“Hari Guru Nasional dan Hari PGRI ke-76, tidak hanya semata-mata sebagai seremonial belaka. Lebih dari itu kita semua diajak untuk merefleksikan diri tentang apa tujuan kita berada di tempat ini, mengapa kita berada di sini?” tukasnya

Aleksius mengharapkan para pendidik dan tenaga kependidikan untuk melihat kembali motivasi dalam menjalankan tugas.

“Semua insan pendidik diharapkan menata kembali motivasi diri dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Yang dibutuhkan saat ini adalah semua kita dapat menjalankan tugas dan peran sebagai pendidik dan tenaga kependidikan didasari oleh semangat tanggung jawab, iklas, tulus memberikan yang terbaik kepada peserta didik kita,” jelas Aleksius

Baca juga:Cerita Unik Di Balik Sosok Wakil Presiden RI Dari Tahun 1945 Sampai Sekarang

Aleksius menyampaikan bahwa dalam menyelesaikan persoalan-persoalan pendidikan dibutuhkan semangat kolaborasi, inovasi, dan kreativitas dari para guru untuk menghadirkan pembelajaran yang dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila.

“Segala proses pendidikan yang kita jalankan baik melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler harus berorientasi pada terbentuk dan berkembangnya profil pelajar Pancasila dalam diri peserta didik kita. Peran guru sangat strategis untuk menciptakan layanan pendidikan yang berkualitas dan terwujudnya gerakan merdeka belajar. Mempertajam cipta, memperdalam rasa dan meningkatkan karsa harus menjadi bagian penting dalam diri insan-insan pendidik di lembaga ini,” tutup Aleksius

Diketahui upacara HUT Guru Nasional dan PGRI ke-76 ini diisi berbagai acara oleh siswa SMPN 1 Satarmese, salah satunya pementasan Seni. *

Editor: DJN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here