Ruteng, Nataslabar.com – SMPN 12 Satarmese, Manggarai terus mendorong peserta didiknya untuk memanfaatkan  aku belajar.id.  Tahun ini merupakan tahun ke dua SMPN 12 menggunakan akun belajar.id.  Akun belajar.id merupakan program Nasional dari kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan  kepala sekolah SMPN12 Marsianus Ngera, S.Pd., Gr pada Rabu (20/04/22), di ruang kerjanya.

“Sekarang di sekolah merupakan tahun ke-2 menggunakan akun belajar.id, selain digunakan pada saat pembelajaran, juga dalam evaluasi pembelajaran seperti ujian sekolah hari ini. Kami juga telah memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk penataan administrasi sekolah sehingga lebih rapi, lebih cepat,  efektif dan efisien,” Jelas Marsianus.

SMPN 12 Satarmes merupakan salah satu sekolah tranformasi chroomebook yang diundang Kemendikbudristek pada tahun 2020 untuk mengikuti pelatihan dan pemanfaatan akun belajar.id melalui chroomebook yang melibatkan beberapa rekan guru dari lembaga ini, kami mengikuti kegiatan tersebut dari awal sampai tuntas.

SMPN 12 Satarmese Siap Bantu Sekolah Lain
Guru-guru sedang sibuk menyiapkan fasilitas untuk menunjang keberalngsung akun belajar.id (Foto: Dokumen SMPN 12 Satarmese

Baca juga:SMPN 1 Satarmese: Konsisten Laksanakan Ujian Sekolah Berbasis CBT

Sehingga pada tataran mengaplikasikan akun belajar.id di tingkat sekolah baik yang berkaitan proses pembelajaran, evaluasi serta pengadministrasian berbasis digital selama ini tidak mengalami hambatan yang berarti.

Marsianus menambahkan dampak yang paling dirasakan secara langsung dengan memanfaatkan akun belajar.id  adalah efisiensi waktu serta anggaran jika dibandingkan dengan cara konvensional.

Ujian online itu sudah pasti  ril time, peserta didik sendiri langsung dapat mengetahui setiap skor yang mereka peroleh. Di samping itu guru dimudahkan untuk merekap nilai dengan cepat tanpa perlu membutuhkan waktu bertele-tele untuk mengoreksi pekerjaan peserta didik.

SMPN 12 Satarmese Siap Bantu Sekolah Lain

Setelah dua tahun belajar dengan akun belajar.id SMPN 12 Satarmese siap membantu sekolah lain jika ingin menggunakan akun belajar.id.

“Ada harapan semoga lebih banyak sekolah-sekolah baik di Satarmese maupun Manggarai yang dapat menggunakan fasilitas berbasis digital dalam pelayanan pendidikan ke depan. Jika ada sekolah yang membutuhkan bantuan dalam pemanfaatan akun belajar.id kami siap membantu. Mengingat di sini ada 1 orang rekan guru yang di dapuk menjadi co-kapten dan 4 orang kapten untuk berbagi tentang pemanfaatan akun belajar.id,” Terang Marsi.

SMPN 12 Satarmese Siap Bantu Sekolah Lain
Halaman Sekolah SMPN 12 Satarmese (Foto: Dok Sekolah)

Baca juga:Peringati HUT Guru Nasional dan PGRI Ke-76, Kepala SMPN 1 Satarmese; Guru Harus Inovatif

Sementara itu co-kapten akun belajar.id Kab. Manggarai  Veronicus Littik, S.Pd.,Gr yang sekaligus ketua panitia ujian sekolah menambahkan bahwa program ke depan yang dilakukan adalah  selalu mulai dari guru, kalau guru bisa pasti lebih cepat menyebar ke peserta didik.

“Automasi kerja, segala sesuatu dibuat otomatis sehingga guru lebih bersemangat mengajar murid dan terus belajar hal-hal baru dan harapannya langsung dapat diaplikasikan dalam pembelajaran secara langsung maupun tidak langsung di kelas masing-masing. Kami terus mengoptimalkan segala sumber daya yang dimiliki untuk menghadirkan pembejaran, tugas, ujian berbasis google classroom, bahkan sampai pada tenaga kependidikan untuk memanfaatkan kemudahan teknologi dalam menjalankan tugas administrasi,” terangnya

Untuk pelaksanaan ujian sekolah sendiri berjalan lancar, karena google form merupakan fitur yang sangat ringan dan mudah digunakan jika dibandingkan dengan fitur-fitur lainnya.

“Sekarang kami berada di level augmentasi karena telah menghadirkan konsep kolaborasi dan target ke depan ingin naik ke level berikutnya yaitu modifikasi agar lebih tersistem dan keren,” Tambah Veron.

Hal yang senada juga diutarakan Evarita Arnas Dawus, peserta didik kelas IX yang telah menyelesaikan ujian pada sesi pertama mengutarakan pengalamannya.

Baca juga:SMPN 1 Ruteng Cancar Dipercayakan Sebagai Sekolah Praktek STBM dan MKM

“Perasaan saya senang sekali karena dengan menggunakan google form saya memiliki banyak pengalaman. Karena kedepannya dunia ini membutuhkan daya teknologi, jadi kita bisa belajar dari sekarang. Banyak sekali dampak positif bagi saya pribadi; yang pertama saya mengetahui cara menggunakannya (classroom, google form, red). Karena saya yakin kedepannya dunia ini semakin maju. Selain itu dengan pembelajaran online, lebih mudah memahami pembelajaran yang diberikan guru,” Terang Evarita

Evarita mengaku jika dirinya terbiasa membantu teman-teman yang lain yang mengalami kendala dengan pemanfaatan google classroom.

“Jujur saya sangat bangga karena kemarin (November 2021, red) saya juga diwawancara dengan tim dari Refo Indonesia tentang pengalaman saya dalam memanfaatkan akun belajar.id. Harapannya semoga SMPN 12 Satarmese ini semakin maju kedepannya. Tutupnya.*

Kontributor,  Maks Edon/Edr, DJN

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here