Nataslabar.com -Tim Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai meninjau langsung pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMPN 1 Satarmese, pada Rabu 21/09/22.

Kegiatan ANBK ini merupakan hari pertama dari dua hari yang dijadwalkan, jumlah peserta didik yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 45 peserta didik.

Untuk diketahui Asesmen Nasional adalah program Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan sebagai program evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.  Kegiatan ini dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM literasi, Numerasi), Survey Karakter, dan survey lingkungan belajar.

Asesmen kompetensi minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) peserta didik. Survey karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan dan kebiasaan yang mencerminkan karakter peserta didik. Dan survey lingkungan belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun ditingkatan satuan pendidikan. Dikutip dari website anbk.kemendikbud.go.id

Robertus Mangkung, S.Pd tim pengawas dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai yang memantau langsung proses berjalannya ANBK di SMPN 1 Satarmese mengatakan kalau dirinya hadir untuk memantau kegiatan ANBK.

“Seperti diketahui agenda nasional di sekolah-sekolah terutama jenjang SMP sekarang ini sudah terjadwal untuk melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dan tujuan saya hadir di sini adalah untuk memantau pelaksanaan asesmen yang berlangsung di SMPN 1 Satarmese ini” Ujar Robert saat dimintai keterangannya.

Menurut Robert, pelaksanaan asesmen di SMPN 1 Satarmese berdasarkan pantauan langsung di ruang pelaksanaan sudah berjalan lancar, apa lagi kegiatan ini dilaksanakan dengan mode semi online, sehingga tidak ada kendala yang dihadapi oleh peserta maupun proktor.

Tim Dinas PPO Manggarai Meninjau
Peserta ANBK SMPN 1 Satarmese Tengah Serius Mengerjakan Soal (Foto: Dok Tim Jurnalistik SMPN 1 Satarmese). 

“Saya senang pelaksanaan kegiatan ini berjalan lancar, dan semangat peserta didik mengerjakan soal-soal asesmen ini. Tentunya pelaksanaan ini berjalan lancar karena sekolah  telah bekerja keras untuk mempersiapkan diri dengan baik. Harapanya semoga semua sekolah terutama SMPN 1 Satar Mese dapat menuntaskan kegiatan AN ini dengan baik” Tegasnya.

Di sela-sela monitoring tersebut, sekretaris pengawas jenjang SMP ini juga berdiskusi dengan tim jurnalistik yang mendapat tugas untuk meliput pelaksanaan asesmen  di SMPN 1 Satar Mese. Ia memberikan apresiasi dan motivasi kepada peserta didik yang tergabung dalam kelas jurnalistik tersebut.

Sementara kepala SMPN 1 Satarmese, Kornelis Sehadun, S.Ag memberikan pernyataan bahwa kegiatan ANBK untuk hari pertama berjalan lancar tanpa ada kendala.

“Saya merasa senang karana peserta didik hadir sesuai dengan jadwal dan seluruh panitia sudah bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Untuk itu sebagai penanggung jawab kegiatan saya memberikan apresiasi kepada proktor, teknisi yang telah mempersiapkan hal-hal teknis dengan baik. Kepada para guru dan pegawai yang menjadi pendukung kegiatan yang juga telah secara berkolaborasi melaksanakan tugas dengan baik hari ini” Jelas Kornelis.

Kornelis melanjutkan bahwa kegiatan ANBK di SMPN 1 Satar Mese dilaksanakan menggunakan mode semi online dengan menggunakan 2 sesi. Pada sesi satu diikuti oleh 30 peserta didik dan sesi dua diikuti oleh 15 peserta didik.

“Kami berterima kasih atas kunjungan dari Dinas PPO hari ini, untuk melihat secara langsung proses pelaksanaan kegiatan ANBK ini. Untuk diketahui pelaksanaan ANBK, kami laksanakan dengan mode semi online yang terbagi kedalam dua sesi. Sesi satu diikuti oleh 30 peserta dan sesi dua diikuti oleh 15 peserta didik. Untuk dapat melaksanakan kegiatan ini sekolah harus meminjamkan peralatan berupa laptop dari rekan guru, dan sekolah lain”Tegasnya.

Ia melanjutkan bahwa apapun hasil dari Asesmen Nasional tahun ini  harus menjadi bahan evaluasi bersama baik peserta didik, orang tua, sekolah serta dinas pendidikan untuk menjadikan hasil kegiatan sebagai acuan untuk menyusun program sekolah yang berorientsi pada peningkatan kualitas layanan pendidikan khususnya di lembaga yang ia pimpin, tutupnya.

Kontributor: Tim Jurnalistik SMPN 1 Satarmese

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here